Google+ Followers

Sabtu, 01 Desember 2012

Distribusi Varanus Salvator di Indonesia



Diperkirakan empat spesies dari biawak dapat ditemukan di Indonesia yaitu biawak air (Varanus salvator) yang tersebar mulai dari pulau Sumatera, Jawa, sampai Sulawesi dan Maluku.  Biawak mangrove (Varanus indicus) yang mempunyai daerah penyebaran di pulau Papua dan Benua Australia, komodo (Varanus comodoensis) yang mempunyai penyebaran di pulau Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur  serta Varanus aufffenbergi yang penyebarannya di Pulau Roti ( Ellis dalam Koch et Acciaioli 2007).
Biawak air sangat sering ditemukan dalam lingkungan sehari-hari terutama di kolam, sungai atau danau. Hewan ini mempunyai sifat yang agresif dimana dapat menyerang manusia manusia atau binatang lainnya dengan cara memecutkan ekornya dan mencakar dengan kukunya yang tajam.
Pusat distribusi penyebaran biawak yang terdapat di Indonesia salah satunya adalah di Pulau Biawak. Pulau ini merupakan pulau kecil di Laut Jawa di sebelah utara Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Salah satu yang menonjol dari pulau ini adalah terdapat populasi biawak air yang sangat besar. Hal ini dikarenakan ekosistem lamun dan mangrove di pulau itu masih baik dan asli sehingga pulau ini menjadi tempat hidup dan mencari makan yang sangat idel bagi biawak air. Selain itu, pulau ini juga didukung dengan kontur tanahnya yang berpasir sehingga ideal bagi biawak untuk membuat sarang dan meletakan telur-telurnya (de Lisle 2007).
Biawak air merupakan jenis reptil dengan klasifikasi sebagai berikut (Zug 1993) :
            Kelas               : Reptilia
            Ordo                : Squamata
            Sub Ordo        : Lacertilia
            Genus              : Varanidae
            Spesies            : Varanus salvator

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar